Headlines News :
Home » » BERDZIKIR AGAR MENJADI KAYA / SAKTI / DI HURMATI

BERDZIKIR AGAR MENJADI KAYA / SAKTI / DI HURMATI


BERDZIKIR AGAR BISA KAYA, SAKTI, DAN DI HORMATI OLEH SEMUA ORANG.
Santri:
                 Pak kiyai kalau kita berdzikir agar kita menjadi kaya, di cintai banyak orang terjaga rumahnya dari bahaya itu termasuk riya` atau tidak.?
Kiyai :
                  Menurut saya itu tergantung niyat dan tujuan hatinnya kalau hatinya karena Allah, Insya Allah tidak termasuk riya` tetapi kalau hatinya hanya menuju pada keinginannya maka itu termasuk riya`. keterangan ini saya temukan dalam kitab IIQODHUL HALIKIN di sana Imam Alghozali berkata
من اشتغل من الايات والاذكار والادعية لحفظ النفس والعيال والمال والبيوت  الى ان قال فان كان مراده لقيام العبادة وحث الناس على العبادة ونحو ذلك فهذه ارادة سديدة ونية محمودة لايدخل شيءمنها في باب الرياء الى ان قال وان كان مراده منها التلذذ والتنعم في الدنيا او شرف النفس فهذا محظور واتباع هوى.
Artinya:
            Siapa yang membaca ayat ayat Al-qur`an berdzikir atau berdoa untuk menjaga diri, keluarga, harta benda dan rumah- rumah, maka bilamana tujuannya untuk mendirikan  ibadah  menyemangat kan manusia agar beribadah dan lain sebagainya  itu adalah tujuan yang benar dan niyat yang terpuji tidak termasuk riya`, tetapi jika tujuannya itu mencari keenaan / bersenang-senang di dunia atau kemulyaan pribadi maka ini termasuk perbuatan yang di larang oleh agama dan di anggap mengikuti hawa nafsu.

Kajian hari selasa
oleh:

KH. MUHAMMAD AFIF ZUHRI AL-UTSMANIY
Share this article :

Followers

.

.
 
Support : Yayasan-annur | Jamaah-alwasilah | mts annur
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. jamaah al wasilah - All Rights Reserved
Template Design by Mts Annur Published by jamaah alwasilah kumpulan umat islam